Jam Skul

Mengenai Saya

Foto saya
SMA Negeri 1 Sokaraja adalah salah satu sekolah yang mewah di Banyumas

FUN CHAT


ShoutMix chat widget

Traslite

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Senin, 09 November 2009

Sejarah Telkomsel


Sejarah Telkomsel

Posting khusus dari blog regedit yang akan membahas Sejarah perkembangan Telokomunikasi Indonesia atau TELKOM dari tahun 1882 sampai sekarang, artikel ini bertujuan agar para blogger khususnya blog telkomspeedy mengetahui betapa besarnya peran TELKOM dalam telekomunikasi Indonesia. Tahun 1882 sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk waktu itu bangsa Indonesia masih di jajah badan tersebut di bentuk oleh pemerintahan kolonial Belanda dengan tujuan agar daerah jajahan bisa di kendalikan dan pemerintahan Belanda bisa mengetahui berita dari pelosok daerah.

Karena perkembangan dan kemajuan teknologi pada masa tersebut di iringi dengan kebutuhan komunikasi maka pada tahun 1906 Pemerintah Kolonial Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon (Post, Telegraph en Telephone Dienst/PTT) dengan tujuan agar layanan tersebut bisa lebih efisien dan terorganisir.badan ini bertahan hingga bangsa Jepang dan Proklamasi.

Barulah bangsa Indonesia menata badan telekomunikasi tersebut dan pada tahun 1961 Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) sehigga badan ini resmi sebagai badan usaha milik negara. Pada tahun 1965 Badan ini mengalami perubahan PN Postel dipilah-pilah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) yang mengurus POS dan Surat menyurat, dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi) yang mengurus Telekomunikasi.

Pada tahun 1974 PN Telekomunikasi disesuaikan kembali menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Zaman terus berubah persaingan dalam usaha telekomunikasi pun bedatangan pada tahun 1980 PT Indonesian Satellite Corporation didirikan terpisah dari Perumtel PT ini bertujuan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional PT ini merupakan cikal bakal INDOSAT. Merasa BUMN tersaingi oleh badan milik swasta maka pemerintah pada tahun 1989 mengeluarkan Undang-undang nomor 3/1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

Perubahan terjadi di dalam badan BUMN sekitar tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no.25 tahun 1991. Pada tahun 1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering/IPO) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing/POWL) di Tokyo Stock Exchange.

Setelah sukses perusahan masuk ke dunia saham pada tahun 1996 TELKOM melakukan Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra – dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten – dengan mitra PT Aria West International (AriaWest); Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta – dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan – dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia – dengan mitra PT Bukaka Singtel. Pada tahun 1999 BUMN mengalami kesulitan dalam melebarkan saya bisnis telekomunikasi karena pemerintah mengelurkan Undang-undang nomor 36/1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.

Sebagai antisipasi untuk mempertahakan image dan perusahaan tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32% saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam laporan keuangan TELKOM.

Tahun 2002 TELKOM membeli seluruh saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30 September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual 12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

Sejarah begitu panjang tetapi persaingan telekomunikasi tetap berlanjut dar tahun 1999-sekarang banyak perusahan telekomunikasi berdiri di antaranya XL, AXIS, 3, dan lain-lain kenapa ini bisa terjadi?? Jawabannya ada di hati kawan.

Produk-Produk TELKOM

Produk-produk yang di keluarkan atau di produksi oleh TELKOM bertujuan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan informasi yang berkembang setiap saat sehingga masyarakat dapat mengakses secara cepat, tepat dan lugas. Produk TELKOM tersebut dapat di nikmati oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia kapan pun dan dimana pun.

Produk-produk tersebut adalah :

  1. Telkom PSTN
  2. Telkom Flexi
  3. Telkom Vision
  4. TelkomNet Instan
  5. Telkom Speedy
  6. Telkom Virtual Net
  7. Telkom Atinet

Dari sekian produk yang di keluarkan oleh TELKOM ke 7 produk ini lah yang memberikan kontribusi yang sangat besar untuk telekomunikasi Indonesia. Semoga semua produksi buatan putra dan putrid bangsa Indonesia ini dapat di nikmati oleh masyarakat.


Sumber:

  • http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/14/sejarah-telekomunikasi-indonesia-telkom-bag-1/

  • http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/19/sejarah-telekomunikasi-indonesia-telkom-bag-2/

8 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

echy_capaloo on 13 November 2009 pukul 11.42 mengatakan...

kartu as .. forever murahnya forever asyknya !! haha

cinta mengatakan...

telkomsel sinyalnya baguz reus loh,baik di desa, di kota ataup dilaut. eh tapi tarifnya jangan mahal2 donk.kok jarang ada gratisan sms ya

zahra mengatakan...

ohya tarif simpati buat internet kok mahal bangetz ci,yang murah donk

Anonim mengatakan...

Mengundang Bpk/Ibu/Sdr/i untuk mengunjungi dan mendaftar gratis di www.kliktes.tk
kami menyediakan fasilitas Simulasi Soal Tes terlengkap berupa E-book Lengkap dan Software Simulasi Ujian
Akhir Nasional SMU,test CPNS, test SNMPTN, STAN, BUMN, Psikotest, Toefl, Gmat. Lowongan Kerja, Info Beasiswa, info universitas negeri seindonesia. info bencana alam. konsutasi,kamus elektronik.
kami menyediakan fasilitas free member dan
fasilitas aktif member

f4dLy :) on 11 Mei 2010 pukul 15.00 mengatakan...

salam kenal yah
jalan-jaln ke blogku yah
http://f4dLyfri3nds.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Mana sejarah Telkomselnya, kok ceritanya Telkom mulu?
Besok 26 Mei Ultah Telkomsel Cuy... Up date dong postingannya...

umiabie on 18 April 2011 pukul 19.52 mengatakan...

Terima kasih ya atas informasinya..

Anonim mengatakan...

tolong diralat..
judul untuk artikel ini lebih tepat "Sejarah Telkom" karena disini lebih banyak membahas telkom, bahkan hanya kurang dari 10 % isi artikel yang menjelaskansejarah telkomsel..
karena telkom dan telkomsel adalah perusahaan yang berbeda

terimakasih


regards
greenapple

>
[+/-]Show or Hide Comments

Posting Komentar

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All