Jam Skul

Mengenai Saya

Foto saya
SMA Negeri 1 Sokaraja adalah salah satu sekolah yang mewah di Banyumas

FUN CHAT


ShoutMix chat widget

Traslite

langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Rabu, 11 November 2009

PBKL Batik


PBKL Batik

SMA NEGERI SOKARAJA adalah satu—satunya Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di Kota Kecamatan Sokaraja. Sokaraja adalah salah satu Kota Kecamatan yang beradalam Kabupaten Banyumas. SMA Negeri Sokaraja didirikan Pada Tahun 1981, merupakan sekolah yang dikelilingi oleh hamparan lading sawah. SMA Negeri Sokaraja semakin bertambah usianya berusaha untuk memperbaiki diri baik dari segi In Put maupun Out put siswa, juga dari segi Kurikulum. Dengan menggunakan Program KTSP(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SMA Negeri Sokaraja melakukan inisiatif untuk memberikan salah satu mata pelajarannya dengan berbentuk MUATAN LOKAL berbasis pelestarian Kebudayaan Banyumas yang sudah mulai pudar. Kecamatan Sokaraja merupakan kecamatan yang menjadi pusat beberapa kerajinan khas daerah banyumas seperti Getuk goreng dan Soto merupakan kerajinan kuliner khas Sokaraja, selain itu Sokaraja dulu juga terkenal dengan lukisan khas banyumas dan salah satu yang sudah mulai pudar adalah kerajinan batik banyumas.

SMA Negeri Sokaraja merupakan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri yang memiliki muatan Lokal Ketrampilan membatik. Untuk memperkenalkan Produk Produk Karya siswa maka SMA Negeri Sokaraja membuat Web ini.

PBKL BATIK


    SMA Negeri Sokaraja melaksanakan program SMA berwawasan keunggulan lokal sejak tahun pelajaran 2008/2009. Dasar dilaksanakannya keunggulan lokal dalam mata pelajaran adalah UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dan Dasar pelaksanaan anggaran No.62/DPA-2007 tgl 28 Desember 2007.

    Rintisan pendidikan Berwawasan keunggulan lokal SMA yang dilaksanakan di SMA N Sokaraja merupakan hasil pengamatan potensi dilingkungan sekitar wilayah Sokaraja. Selain itu diamati pula sumberdaya, pekerjaan mayoritas orang tua. Peserta didik dan juga keinginan para warga sekolah serta tidak lupa untuk mempertahankan trdisi bangsa yang mulai terkikis.

    Melihat peluang yang ada dan untuk pelestarian maka SMA N Sokaraja memilih Batik Banyumas untuk pelestarian budaya bangsa. Batik Banyumas merupakan Batik yang masih membawa ciri khas keraton Solo dan Jogjakarta dengan pewarnaan dasar sokraja ( coklat dan hitam). Kekhasan lain Batik Sokaraja adalah 2 sisi kain memiliki motif yang sama istilah lainny frem ( jadi dua sisi tidak dapat di bedakan mana untuk luar dan dalam ).

    Motif-motif jaman dahulu  yang masih banyak diminati saat ini adalah motif jahe rimpang, lurubon dsb. Selain itu mitif batik banyumas tidak sedikit banyak tercampur dari daerah lain. Keterangan Batik yang dilaksanakan  di SMA N Sokaraja  di kenal dengan Batik PBKL. Batik tersebut adalah hasil dari karya sisiwa yang ingin menekuni lebih dsalam tentang batik. Dari proses nyuci _ dimasukan kedalam pati) sampai lorod dilakukan oleh para sisiwa ( bisa di lihat dalam proses pembuatan). Melihat potensi yang dimiliki siwa Tim Pelaksanaan Batik PBKL masih memiliki kendala terutama terbatasnya dana yang dianggarkan dari swadaya siswa/komite dan dana bantuan oleh Pemda Banyumas maka, Tim Batik PBKL mencari infestor baru yang mencintai produk dalam Negeri khusunya Batik dan yang ingin memberikan bekal keterampilan kepada siswa-siswi SMA N Sokaraja. Dengan adanya Web ini di harapkan siswa dan masyarakat dunia tahu bahwa batik memang akar budaya bangsa Indonesia yang telah mengakar. Untuk mewujudkan cinta produk dalam negeri SMA N Sokaraja dalam hal pakaian mengkhususkan hari Rabu dan Kamis hasil untuk memakai hasil ini.


Proses Pembuatan Batik


Salah satunya adalah batik yang di produksi sendiri oleh para siswanya. sehingga siswa lebih kreatif dan berwawasan wirausaha. sampai sekarang karya siswa sudah bisa dinikmati sendiri dengan terjualnya batik buatan para siswa dan dengan bangganya para siswa menggunakan batik buatan mereka sendiri dan dijadikan sebagai seragam identitas SMA Negeri 1 Sokaraja. tentunya seragam ini memiliki keunikan dikarenakan batik yang mereka kenakan berbeda-beda motiv tetapi warnanya sama. dengan adanya PBKL Batik siswa juga berjuang mempertahankan batik banyumas. semoga dengan ini batik banyumas menjadi terkenal lagi di semua wilayah bahkan samapai luar negri. Apabila sobat semua menginginkan informasi tentang PBKL Batik di SMA ini atau memesan Batik silahkan hubungi email ini : ma_hany29@yahoo.co.id
Berikut adalah contoh batik yang sudah jadi:
Contoh Batik





11 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

Anonim mengatakan...

wah ternyata ini sekolah cwek ya ...
sekolah artaboga sob ..
hehehe

Unknown on 11 November 2009 pukul 08.59 mengatakan...

Ok rajin amat nyuci tenda

Anonim mengatakan...

oh gitu ya sob ... kirain scol arta boga aja
hehehe ...
tapi kok da jursan komputer nya sob

Anonim mengatakan...

kan scol sma tidak ada ke ahliannya sob ... baru tau kali ini sob
heheh sma aneh nenehhehehe

SMANJA Tampil Cerya on 11 November 2009 pukul 09.09 mengatakan...

SMA ni memang lain daripada yang lain!!lebih bagus

echy_capaloo on 11 November 2009 pukul 12.38 mengatakan...

batik ?
why not sob ??
perlu dilestarikan wooy !!

Anonim mengatakan...

bukan sekolah ce antaboga. lagi...mang batik buat ce aja...co ce di sekolah ini punya banyak ketrampilan...sma mana yg bis bertaruh ketrampilan seperti ini dimiliki masing-masing siswa..hayuh....
batik udh di akui milik bangsa...nah berarti skul yang cinta dengan budaya bangsa

oyie.. mengatakan...

Bagus,bagus,bagus buat yang lebih banyak y,jgn lupa harga yang terjangkau tp kwltas oc!

Dunia DataKu on 13 November 2009 pukul 15.23 mengatakan...

jual bati ala paket... waw...

Lehan mengatakan...

Saya sebagai Alumnus SMANSOK, sangat surprise denga lahirnya blog ini dan pendalaman ketrampilan membatik
Bravo Maju terus SMA KU...

Unknown on 7 Mei 2011 pukul 08.47 mengatakan...

good apik tenan

>
[+/-]Show or Hide Comments

Posting Komentar

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All